Assalamu'alaikum... Semoga ikatan ukhuwah dapat terjalin di sini. Meski raga tak saling bertemu, tapi hati saling terpaut..
RSS

Pengaruh Media Digital Terhadap Fitrah Seksualitas





Era saat ini, hampir setiap hari kita menggunakan media digital. Kita pun harus mendidik dan membesarkan anak pada era ini. Tentu tantangannya berbeda dengan orangtua kita ketika mendidik kita pada masa lalu yang belum begitu menjamurnya media digital. Kita membutuhkan banyak ilmu untuk dapat merawat Fitrah Seksualitas Anak-anak kita pada masa media digital sekarang ini. Supaya anak dapat langsung belajar dari kedua orangtuanya dan orangtua pun dapat memfilter apa saja yang patut anak-anak lihat.

Media Digital bisa menjadi 2 mata pisau untuk anak-anak. Bisa menjadi hal yang positif ketika digunakan dengan pendampingan yang benar atau bisa menjadi hal yang negatif ketika orangtua lalai mengawasi anak untuk menggunakannya.

Dampak positif yang didapatkan anak yaitu:

  • Bisa menjadi sarana pendidikan 
  • Media komunikasi
  • Sumber informasi
  • Serta bisa menjadi hiburan

Dampak negatif yang didapatkan anak ketika tanpa pendampingan yang tepat:

  • Pornografi
  • Cyber Harasment
  • Cyber Bullying
  • Pubertas Dini


Lalu bagaimana orangtua harus mendampingi anak sesuai usianya?
  • Anak usia 0-2 tahun, tidak boleh terpapar gadget sama sekali. Anak pada usia ini sedang aktif-aktifnya untuk mengeksplor lingkungannya. Mereka berada pada tahap sensori (mengaktifkan segala inderanya). Kita sebagai orangtua hendaknya memberikan teladan yang baik untuk mereka, menyediakan banyak waktu untuk bermain bersama, mengajak mengenal lingkungan sekitar, mengajak untuk berkegiatan yang dapat merangsang aktifnya seluruh inderanya.
  • Anak usia 3-5 tahun, dibatasi maksimal hanya 1 jam sehari
  • Anak usia 6-18 tahun, dibatasi maksimal hanya 2 jam sehari



Bagaimana jika anak sudah terlanjur mengenal gadget?
  1. Membuat kesepakatan dengan anak mengenai durasi dan aturan menggunakan gadget
  2. Memberikan jadwal anak boleh mempergunakan gadget
  3. Perbanyak waktu bermain bersama anak yang menyenangkan baik indoor maupun outdoor misal dengan berenang, bermain air, ke taman, ke kebun binatang, dll
  4. Alihkan kegemaran anak dari gadget ke buku. Bacakan cerita, mendongeng, atau berjalan-jalan ke perpustakaan meski anak belum bisa membaca bahkan belum mengenal buku
  5. Hindari penggunaan gadget di depan anak karena bagaimanapun anak akan meniru apa yang diperlihatkan orang tua pada anak.



BE SMART PARENTS!!!
Memberikan benda canggih yang belum bisa dikelola dengan baik oleh anak dapat dikatakan kekerasan pada anak (abuse).
Sebagai orangtua, kita harus bisa menjadi teladan untuk anak-anak. Tanamkan nilai-nilai agama sebagai pondasi utama anak-anak, supaya mereka bisa membentengi diri dari serangan hal negatif yang muncul dari media digital ataupun pengaruh dari lingkungannya.

Adakalanya orangtua menjadi ORANGTUA yang penuh dengan teladan baik
Adakalanya orangtua menjadi TEMAN main anak-anak
Dan adakalanya juga orangtua menjadi SAHABAT ketika anak membutuhkan tempat cerita

*Review PG 6, Bunda Sayang, IIP
*Fitrah Seksualitas Anak



0 komentar:

Post a Comment