Assalamu'alaikum... Semoga ikatan ukhuwah dapat terjalin di sini. Meski raga tak saling bertemu, tapi hati saling terpaut..
RSS

Ciptakan Bahagiamu, IBU !!!


Keluarga yang bahagia bersumber dari jantung keluarga yang bahagia juga yaitu IBU. Ketika seorang ibu bisa bahagia dalam dirinya maka akan terpancar ketika membersamai anak-anak ataupun suaminya. Kebahagiaan masing-masing ibu akan berbeda-beda. Bukan hanya ketika “me time” seperti ke salon, shopping, hang out bareng teman-teman yang terkadang mungkin bagi sebagian ibu malah membuat tidak bahagia karena masih terpikir anak di rumah. Atau di sisi lain ada seorang ibu yang merasa bahagia ketika suaminya ikut andil dalam mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci baju, menyetrika, melipat baju, mencuci piring, nyapu ataupun ngepel. Banyak cara untuk ibu bahaga sesuai versinya.
Namun, karena menjamurnya media digital saat ini membuat para ibu terkadang menokohkan seseorang yang dianggapnya perfect ketika menjadi ibu sehingga segala cara “bahagia” yang diterapkannya mutlak harus ia ikuti juga. Ia akan cenderung meniru segala kebahagiaan yang sang tokoh itu posting di media social. Tanpa ia melihat latar belakang keluarganya sendiri ataupun kenyamanannya ketika melakukan hal yang sama dengan sang tokoh. Apakah benar-benar bahagia? Atau hanya aku harus melakukannya agar aku bisa sebahagia dia?
Kadang hal itu yang membuat kita lupa jika bahagia itu benar-benar sederhana dan hanya kita saja yang bisa mencari tahu hal apa yang sebenarnya membuat kita benar-benar bahagia. Bu Septi (Founder IIP) menuturkan bahwa suatu hal yang membuat kita bahagia bisa kita ujikan dengan melakukannya beberapa kali. Apakah ketika kita melakukan hal itu satu kali, kita merasa bahagia? Bagaimana jika kita ulangi kedua kalinya, apakah kita tetap merasa kebahagiaan itu? Lalu bagaimana jika kita lakukan lagi lagi dan lagi… apakah kita menjadi semakin bahagia?
Temukan bahagiamu sendiri ibu… agar kau temukan kebahagiaanmu untuk selanjutnya kau dapat pula menyalurkan energi bahagia itu untuk anak-anak dan suamimu. Kita sendiri yang akan memutuskan akan bahagia atau tidak. Itulah yang nantinya akan kita jadikan kekuatan untuk menjadi manajer keluarga yang cekatan.
Ternyata setelah emak lihat dari draft aktivitas yang sudah dipilah-pilah, sumber kebahagiaan emak sesederhana melakukan kegiatan rumahan sehari-hari. Seperti memasak, menjahit, crafting, ikut kajian, dan kumpul-kumpul dengan anak-anak dan suami. Benar-benar sederhana dan bisa mejadi charge kebahagiaan kaann..

Dan Alhamdulillah aktivitas-aktivitas yang emak rasakan sebagai salah satu sumber kebahagiaan itu, beberapa Allah lebihkan pula menjadi hobi yang dibayar. MasyaaAllaah…   

#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

0 komentar:

Post a Comment