Assalamu'alaikum... Semoga ikatan ukhuwah dapat terjalin di sini. Meski raga tak saling bertemu, tapi hati saling terpaut..
RSS

Peran Pengasuhan Ayah dalam Menumbuhkan Fitrah Seksualitas

Menjadi figur Ayah sebagai Sosok Lelaki Sejati dan Menjadi Panutan Bagi Anak

Setiap anak mendapatkan suplai maskulinitas dari sosok ayahnya, 75% untuk anak laki-laki dan 25% untuk anak perempuan. Betapa Al-Qur’an pun lebih banyak mencatat pengasuhan ayah terhadap anaknya seperti kisah Lukman yang mendidik anaknya, kisah Nabi Ibrahim as dengan anak kesayangannya Nabi Ismail as, ada pula kisah pengasuhan Nabi Yaqub dan Nabi Zakaria.

Jadi peran ayah itu tidak hanya sebatas memberi nafkah berupa harta saja tetapi juga harus memberikan waktu dan kasih sayang kepada anak-anaknya. Lebih jauh lagi, seorang ayah harus bisa menjadi role model untuk belajar tentang ketegasan dan kuat untuk menolak segala hal negative yang ditawarkan oleh lingkungannya.

#Bagi anak laki-laki, ayah adalah super hero pertamanya dan bisa menjadi idola pertama juga pada kehidupannya. Dia akan meniru gaya bertindak seperti sang ayah dan ketika ayah mampu menjadi teladannya, anak tidak akan mencari sosok yang akan dianutnya di luar rumah.

#Bagi anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya. Jika anak perempuan mendapat cinta yang full dari ayahnya, maka dia tidak akan mencari cinta lawan jenis di luar rumah sampai pada masa pernikahannya tiba.

Ada beberapa peran ayah yang harus dilakukan
1.       A Man of Vission Mission
2.       Pensuplai Ego
3.       Pembangun Struktur Berpikir dan Rasionalitas
4.       Pensuplai Maskulinitas
5.       Sang Raja Tega
6.       Penanggung Jawab Pendidikan
7.       Konsultan Pendidikan

Sumber:


*Review Kelompok 4 (Kelompok Sendiri), Bunda Sayang, IIP
*Fitrah Seksualitas Anak

0 komentar:

Post a Comment